02 April 2015

[Opinion + Giveaway Hop] Enter The Magical Realm - Underrated Philip Pullman Book


Hai! Bibli kembali dan kali ini kita akan membahas buku yang underrated. Sebelumnya, Bibli akan menjelaskan tentang underrated. Menurut Bibli, sesuatu yang underrated adalah yang eksis tetapi tidak diketahui banyak orang. Bibli tidak akan bilang hal itu bagus, karena itu sangat relatif. Lebih lanjut soal apa itu underrated bisa dikulik di Blog Buku Haremi.

Bibli akan tetap menyebut underrated karena lebih simpel dan sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga daripada harus menyebut dalam Bahasa Indonesia yang lebih kurang berarti "di-bawah-rata-rata". Merepotkan kan? Jadi, jangan lagi bahas mana yang lebih tepat, karena sudah Bibli terangkan.

***

Kalian pasti ingin tahu buku Philip Pullman mana yang underrated. Kalian pasti sudah tidak asing dengan trilogi His Dark Materials yang berisi: The Golden Compass, The Subtle Knife, dan The Amber Spyglass. Trilogi ini memang dewa. Bahkan lebih dari 700.000 Goodreaders tercatat sudah membaca The Golden Compass.

The Golden Compass (2007)
Buku ini sudah diadaptasikan ke film yang dibintangi Nicole Kidman dan Daniel Craig. Sayangnya Bibli belum punya ulasannya karena Raafi belum membacanya. Belum punya bisa mengindikasikan: sudah langka atau tidak punya uang untuk membelinya. Bahkan filmnya pun belum dia tonton. Hih, dasar Raafi!

Baiklah, seharusnya Bibli membahas buku yang underrated itu. Jadi, yang seharusnya dibicarakan adalah buku yang berjudul Spring-Heeled Jack yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dengan judul Jack Si Pelompat: Kisah Tentang Keberanian dan Kejahatan. Bibli bertanya-tanya kenapa judulnya jadi panjang begitu.

Mine. Where is Yours?
Menurut Goodreads, buku yang diterbitkan pertama kali pada 2004 ini hanya dibaca kurang dari 500 Goodreaders. Ironis, mengingat berapa pembaca The Golden Compass. Raafi punya satu copy yang baru saja tiba kemarin, tapi dia belum selesai membacanya. Ada beberapa poin kenapa buku ini underrated versi Bibli:
  • Lebih ke novel grafis karena terdapat ilustrasi di dalamnya. Bahkan ilustrasinya berisi percakapan yang bisa dibilang seperti komik. Sebagian pembaca novel tidak suka novel grafis karena imajinasinya dibatasi oleh ilustrasi yang ada. Selain itu, ilustraksi bisa jadi semacam distraksi dalam membaca.
  • Buku ini tipis. Tidak mencapai 150 halaman. Bagi sebagian pembaca novel, buku tipis itu terlalu singkat untuk diikuti karena ceritanya pasti dimampatkan yang membuat tidak puas setelah membacanya. Terdengar naif? Ask yourself!
  • Raafi sudah membaca halaman awalnya, dan katanya buku ini bercerita tentang tiga kakak-beradik yang adik paling kecilnya diculik dan datanglah seseorang yang menolong mereka. Yah, semacam cerita superhero. Mungkin buku ini kalah pamor dengan buku dan film superhero lain yang lebih kece dan lebih seru.

Jadi, Bibli sudah menjelaskan kenapa Jack Si Pelompat ini termasuk underrated. Opini-opini itu bisa jadi alasan buku-buku underrated yang lain juga. Ada yang mau berkomentar tentang buku ini? Atau ada yang mau menambahkan kriteria buku-buku yang termasuk underrated dan contohnya? Feel free to comment below!

***

Saatnya Giveaway Hop Faksi SFF! Masih dalam rangka Ulang Tahun BBI yang ke-4, faksi kami menyediakan hadiah yang sesuatu banget dan sayang untuk dilewatkan! Ini dia hadiahnya:


Hadiah 1: Voucher buku senilai IDR240k
Hadiah 2: A Game of Thrones karya G.R.R. Martin edisi terjemahan
Hadiah 3: Seri 1-3 Scary Tales karya James Preller & Iacopo Bruno 
Hadiah 4: Paranormalcy karya Kiersten White & Wings karya Aprilynne Pike

Ketentuan untuk mengikuti Giveaway Hop Faksi SFF adalah sebagai berikut:

  • Tebaklah satu judul buku sesuai petunjuk yang diberikan masing-masing pemilik 16 blog. Huruf pertama dari judul buku itulah yang akan menjadi HURUF KUNCI-nya.
  • Silakan tebak judul bukunya, kemudian ambil huruf pertama dari judul buku tersebut. Itulah kata kunci dari Bibli.
  • Judul buku yang digunakan adalah versi aslinya, bukan terjemahan (Misalkan Inheritance yang meski diterjemahkan menjadi Warisan, tapi yang kita gunakan tetaplah huruf I nya).
  • Khusus untuk judul buku yang ternyata berawalan The, harap abaikan huruf 'T' di depan, sehingga yang digunakan adalah kata setelah The (Misalkan The Alchemist, maka yang digunakan dalam menyusun kata adalah huruf A bukan T).
  • Setelah menemukan 16 huruf dari masing masing blog, susunlah huruf-huruf tersebut menjadi kata-kata. Ingat, hanya kata bukan kalimat (seperti permainan scrabble).
  • Masukkan jawaban ke dalam Google Docs di bawah ini. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengisi satu kali. Isilah pada salah satu form dari 16 blog yang kamu kunjungi.
  • Peserta yang paling banyak menyusun kata (kata tersebut harus dalam Bahasa Indonesia dan tercantum di Kamus Besar Bahasa Indonesia), dialah yang menjadi pemenangnya.

Clues are:
One of books I've piled but not read in the previous post / Neil Gaiman / Richard Mayhew

Find Out More Clues:
April 7: Ren's Little Corner // Threez's Stacks

PENGUMUMAN PEMENANG GIVEAWAY HOP DI SINI.

17 komentar :

  1. Mau His Dark Material-nyaaaaa T^T

    BalasHapus
  2. Loh aku belum punya pullman yang iniiii. Ada beberapa karya pullman yg aku baca selain golden compass, dan menurutku agak suram ya cerita ceritanya dia. Covernya juga ngga ngejreng gonjreng, makanya kalah pamor kalik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes. berarti misiku berhasil memperkenalkan buku ini ke khalayak. buktinya mba vina aja belum punya hehehe

      Hapus
  3. giveawaynya keren euy,
    unfortunately I have to skip this one.
    *tipe giveaway hunter yg ogah ribet ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi. makasih ya. berkurang satu deh kompetitor para pemburu giveaway :D

      Hapus
  4. Maaaaaauuu fi. Aku belum baca yang golden conpas. Pernahnya nonton sih. Dan ending di film nya itu juga gantung sisaan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh saking antusiasnya sasti sampe typo.

      Hapus
  5. Karya Philip Pullman memang banyak yang underrated, padahal ceritanya keren banget.
    Cornelia Funke mungkin juga termasuk golongan ini kali ya? Ada beberapa novelnya yang sudah sering masuk obralan padahal ceritanya bagus banget dan beda dari yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh. ada beberapa buku lain karyanya yang juga tak terlalu tenar seperti I Was A Rat, Clockwork, dan The Firework Maker's Daughter yang semuanya juga udah diterjemahkan. Tapi yang aku bahas ini memiliki rating terendah.

      Hapus
  6. Aku baca His Dark Material trilogy dan lumayan suka padahal, tapi entah kenapa pas ada buku-buku Philip Pullman lain yang diterjemahin dulu kok nggak tertarik beli ya....

    Sekarang agak nyesel jadinya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucky Priska yang udah baca itu. Aku belum kesampaian baca. Dan, memang, penyesalan itu datang di akhir. *ignore me*

      Hapus
  7. Saya takut ama Pullman >_<

    Btw, giveaway-nya cukup menarik. Mau nyoba aaah

    BalasHapus
  8. Maaf Ini petunjuk give away hop'nya di sebelah mna yahh koq ga ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih ga ada? padahal waktu itu ada loh. mungkin sekarang masih ada; atau mungkin sudah hilang ditelan alam.

      Hapus
    2. Wahh ternyata ada blm di telan alam (padahal sayanya aja yg baru liat hhehe)

      Hapus