01 Februari 2014

Boone's Problems

Sampul
Judul : Sang Tersangka
Judul Asli : Theodore Boone: The Accused
Pengarang : John Grisham
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Dibaca : 31 Januari 2014
Rating : ★★★★

Akhirnya dapat novel ini dengan harga miring. Tidak susah payah sebenarnya karena tidak banyak yang berminat dengan yang satu ini. Kalaupun ada, mereka masih berkutat mencari harga miring untuk seri yang pertama dan kedua. Dan aku sudah mencari yang ketiga!

Tetap menjadi salah satu novel yang membuatku terkesan. Dari gaya bahasanya yang mudah dipahami, juga alur yang cepat sehingga tidak membuat pembaca bosan; itu yang aku suka dengan seri ini. Dan lihat, aku membaca ketiganya dalam kurun waktu dua minggu saking serunya. Aku yakin kalau yang keempat sudah terbit, aku bakal melahapnya juga. Tapi belum ada kabar tentang itu!

Lagi-lagi Theo dipusingkan dengan kasus-kasus. Pete Duffy melanjutkan persidangan yang beberapa bulan lalu ditangguhkan oleh Hakim Gantry karena ada saksi baru yang muncul. Tetapi Pete Duffy tidak menghadiri sidang itu. Seluruh kota bersiaga mencari dimana tertuduh yang membunuh istrinya sendiri pergi.

Juga ada kasus di pengadilan hewan yang sang tergugat meminta bantuan Theo untuk menjadi pembela di persidangan. Kali ini tentang insiden llama yang mengejar dan meludahi seorang penjaga keamanan di Farmer's Market yang diadakan setiap sabtu. Llama itu merasa terancam sehingga melakukan hal semacam itu. Menggelikan...

Llama
Selain kasus itu, Theo dikejutkan dengan beberapa hal yang aneh yang menimpa dirinya selama seminggu. Hal-hal itu dimulai dari robeknya ban depan sepeda Theo hingga lemparan batu di ruangan Theo di kantor Boone & Boone sehingga membuat kaca jendelanya pecah. Aku sengaja tidak memberikan detail krusial menyangkut hal-hal itu karena spoiler alert sangat mengganggu.

Jadi hal-hal itu membuat Theo disudutkan sebagai tersangka oleh kepolisian setempat. Para detektif bahkan sempat menggeledah rumah keluarga Boone itu. Entahlah, ceritanya semakin seru saja!

Bersama paman kerennya, Ike, Theo memikirkan beberapa kemungkinan teori untuk mencari siapa sebenarnya dalang dibalik kasus yang sedang Theo alami sehingga menjadi tersangka. Sungguh buruk saat-saat itu: bayangkan saja, kalian dituduh melakukan hal yang tidak kalian lakukan! kalian tidak bakal enak makan, tidak bisa tidur, hingga keinginan untuk kabur dari tempat itu menjadi ide yang paling baik.

Jadi, apa yang Ike dan Theo simpulkan tentang teori mereka? Bagaimana sehingga mereka sampai menemukan tersangka yang sebenarnya? Dan yang paling penting, siapa yang tega melakukan teror sebesar itu kepada Theo; tersangka sebenarnya?

Cerita ini mengajarkan tentang arti sebuah kegigihan untuk suatu kebenaran dimana Theo melakukan apapun untuk mencari siapa sebenarnya tersangka itu. Selain itu tentang keberanian yang Theo dan teman-temannya lakukan dalam mengusut tuntas kasus ini. Ah, pokoknya seri ini bagus untuk kalian para remaja, terutama untuk kalian yang seumuran Theo; tiga-belas.

"Kita semua punya rahasia masing-masing, dan selama itu tidak merugikan orang lain, siapa yang peduli? Seiring dengan berlalunya waktu, rahasia itu seringkali dilupakan dan sudah tidak penting lagi." (hal. 284-285)

Ulasan Theodore Boone buku pertama: Kid Lawyer dan buku kedua: The Abduction.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar